Kamis, 22 November 2012

SEJARAH SUMPAH PEMUDA

 
Sejarah sumpah pemuda


H
ari sumpah pemuda yg kita peringati stiap tanggal 28 oktober itu tidak muncul dengan  sendirisunya. Bila dilihat dari sejarahnya. Sumah pemuda dimulai ketika sekelompok pemuda merasa perlu ada sebuah perangkat dan pemersatu agar bangsa kita lebih kuat  untuk merebut kemerdekaan indonesia.

Sumpah pemuda merupakan sumpah setia dari hasil rumusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia atau yang dikenal dengan Kongres Pemuda 1 dan Kongres Pemuda 11. Nah,melalui kongres itulah kita bisa mengenal Sumpah Pemuda. Kongres Pemuda 1 berlangsung di Jakarta, pada
30 April – 2 Mei 1926. Di kongres itu,mereka membiicarakan pentingnya persatuan bangsa bagi perjuangan menuju kemerdekaan. Kemudian, pad atanggal 27-28 oktober 1928, para pemuda indonesia kembali mengadakan Kongres Pemuda ll. Dan, pada tanggal  28 oktober 1928, seluruh peserta membacakan Sumpah Pemuda. Sejak saat itu, setiap ttanggal 28 oktober kita memperingati hari sumpah pemuda.

Rumusan itu di tulis Mohammad Yamin di sebuah kertas saat mendengarkan pidato dari Mr.sunarjo pada hari terakhir kongres. Inti dari isi sumpah pemuda itu adalah satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Inilah yang selalu menjiwai pemuda-pemudi indonesia dalam merebut dan memperttahankan serta mengisi kemerdekaan Indonesia.

Isi Sumpah Pemuda 28 oktober 1928 . Kami putra dan putri indonesia mengaku berumpah darah satu, tanah indonesia. Kami putra dan putri indonesia menjjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar